Sabtu, 10 Maret 2012

Berhitung dengan Satu Tangan

Berhitung dengan Satu Tangan


OPINI | 11 March 2012 | 10:33 Dibaca: 6   Komentar: 0   Nihil
1331436142717459669
Persiapkan tangan Kananmu lalu kepalkan. Buka jari kelingking lalu mulai berhitung, “satu”. Selanjutnya (cara yang sama dengan jari kelingking), buka jari manismu sambil menghitung “dua”.
Kemudian, masih dengan cara yang sama seperti kedua jari diatas, buka jari tengah, telunjuk dan jempol yang terkepal sambil berhitung, “tiga”, “empat”, dan “Lima”.1331435966120142766
1331436013706822646Jemari Tangan kanan anda sekarang posisinya sudah terbuka semua. Untuk selanjutnya, tutup Jempol seperti posisi terkepal tadi sambil berhitung “enam”. Setelah itu tutup juga jari telunjuk seperti posisi terkepal tadi sambil berhitung “tujuh”. Sama seperti kedua jari tersebut, tutup juga jari tengah, jari manis dan kelingking sambil berhitung, “delapan”, “sembilan” dan “sepuluh”.
Untuk berhitung lanjut “sebelas”, “dua belas, tiga belas” dan seterusnya, masih dengan menggunakan tangan dan jari yang sama seperti yang pertama dan kedua tadi. Mengapa saya menulis soal berhitung dengan satu tangan?. Soalnya, pagi ini saya nemuin ponakan yang saya suruh berhitung sampai sepuluh, tapi dalam posisi tangan kanannya memegang makanan. Dia bisa menghitung pakai jarinya dari satu sampai lima, namun untuk melanjutkan berhitung ke “enam” dan seterusnya, dia tak bisa karena tangannya memegang makanan.
Saya lalu mengajarkan teknik berhitung pakai satu tangan tadi ke ponakan. Pertama agak kaku memang, namun kalau dicoba terus pasti bisa untuk diajarkan. Teknik menghitung seperti ini saya dapatkan dari orang Jepang ketika masih magang di Jepang dulu.
Dulu, ketika disuruh berhitung oleh orang Jepang, saya masih menggunakan dua tangan. Oleh Ueno san (senior orang Jepang) saya lalu diajarkan teknik berhitung pakai satu tangan. Agak kaku, karena tidak terbiasa. Tapi kelamaan terbiasa.
Kata Dia memakai satu tangan lebih praktis, tidak perlu repot lagi dibandingkan dua tangan. seandainya tangan satunya memegang sesuatu misalkan, tidak perlu lagi meletakkan barang ditangan. Dengan teknik berhitung ini, niscaya kecerdasan sedikit bertambah.
http://otoko-mae.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar