Selasa, 31 Januari 2012

Osaka Jo Koen, Wisata Klasik ala Jepang


My Holiday

Kirim Pesan

Otoko Mae

use your imagination

Osaka Jo Koen, Wisata Klasik ala Jepang

OPINI | 24 December 2010 | 12:39180  1 dari 1 Kompasianer menilai Menarik
1293167687766177471
Osaka jo koen terletak di kota Osaka, sebuah kota di negara Jepang. dimana dulunya kota ini merupakan Ibu kotanya  negeri sakura tersebut. Osaka Jo koen merupakan tempat wisata favorite rakyat jepang, apabila mereka menikmati liburan di kota Osaka, belum lengkap rasanya bila tidak mengunjungi tempat yang memiliki nilai sejarah yang tinggi ini.
Osaka jo koen sendiri kalau diartikan dalam bahasa indonesia artinya kastil atau istana yang berada di Osaka. dibangun pertama kali oleh Hideyoshi toyotomi pada tahun 1583. dan menjadikannya kastil tersebut sebagai Istana pusat pemerintahannya. pada saat itu Osaka jo koen merupakan bangunan termegah yang memiliki 5 lantai dan dilapisi logam emas di menaranya tersebut.
Istana tersebut telah mengalami beberapa kali pemugaran atau perluasan  dari generasi ke generasi. terakhir pada tahun 1995 pemerintahan jepang memugar total Istana tersebut hingga bentuknya menjadi seperti yang sekarang ini.
rakyat jepang pada umumnya sangat mencintai Istana ini. mereka rela datang jauh-jauh dari daerah cuma untuk sekedar berdoa di dalam Istana atau berjalan-jalan menikmati bunga sakura di sekeliling Istana. namanya taman Nishinomaru, taman yang pada saat musim semi di hampari bunga sakura, bisa untuk sekedar berfoto-foto atau melihat pemandangan kota dari atas ketinggian.
sebelum kita memasuki Istana, terdapat pintu gerbang yang di belah oleh jembatan untuk menuju pintu masuk sebelum gerbang. yang menarik, setelah kita melewati pintu gerbang, kita akan menemukan sebuah sumur tua yang terus-menerus mengeluarkan air, tidak pernah kering walaupun musim panas sekalipun, dan air tersebut bisa dapat langsung di minum. konon kabarnya, didasar sumur terdapat bongkahan emas yang berfungsi menetralisir racun atau bakteri pada air tersebut.
disekeliling istana terdapat sebuah parit besar (mungkin sungai kecil), yang merupakan pemandangan yang sangat elok jika di lihat dari taman sakura tadi. konon kabarnya juga sungai tersebut tempat bagi mereka yang mau Harakiri (bunuh diri ), dengan cara melompat dari atas.
sewaktu saya mengunjungi Istana tersebut beberapa waktu silam, tidak sempat untuk masuk kedalam dan tidak melihat secara jelas apa saja yang ada didalam kastil tersebut. maklum bayarannya cukup mahal juga, kalau tak salah 3000 yen, jadi saya dan teman-teman hanya menikmati pemandangan luar Istana saja. cukup asyik juga kok, apalagi saat itu lagi musim semi, dimana bunga sakura menjadi pemandangan yang paling indah di taman nishinomaru tersebut.
bagaimanakah transportasi kesana?
cukup mudah, hanya naik kereta listrik jenis Japan railway ataupun chikatetsu (kereta bawah tanah) bisa lansung sampai 1 km sebelum pintu gerbang. tidak capek kok 1 km itu, sebab di sepanjang jalan akan banyak di temui bunga-bunga sakura atau muda-mudi yang sedang barbeque-an.
so, kalau  waktu dan uang engizinkan untuk berkunjung ke sana, tunggu apalagi, mumpung masih ada umur untuk melihat keindahan dan pesona negara jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar