Selasa, 31 Januari 2012

Universal Studio Japan


My Holiday

Kirim Pesan

Otoko Mae

use your imagination

Universal Studio Japan

REP | 25 December 2010 | 11:51141  2 dari 2 Kompasianer menilai Aktual
Di Asia hanya ada dua Studio Universal, -tempat permainan Atraktif seperti layaknya di Dufan Ancol-, yaitu Universal Studio di Singapura dan di Jepang.
Universal Studio Singapura baru dibuat 1-2 tahun yang lalu, jadi masih cukup baru, dan permainannya saya kira sudah “up to date” dari masa kini. Berbeda dengan Universal Studio Japan, pembangunan tempat bermainan ini sudah lama sekali, kira-kira 10-15 tahun yang lalu.
Jadi tidak mengherankan kalau jenis Game atau Visual yang disajikan Universal Studio Japan (USJ) sudah tergolong cukup lawas, seperti contohnya, Terminator 4D, Spiderman Adventure, Back the future 4D dan Jurasic Park Adventure.
Namun ada yang telah yang baru, seperti, Shreek 4D dan Pertunjukan Theater live yang menampilkan episode helloween atau seni hantu Barat yang Pemainnya banyak di Impor langsung dari AS.
Universal Studio Japan hanya ada di Kota Osaka, jika dari Stasiun pusat Kereta Railway Umeda, naik saja kereta yang menuju langsung studio tersebut, kalau tak salah cuma 2 kali Norikai (pindah kereta), namun begitu, waktu yang diperlukan untuk menuju kesana tidak sampai 20 menit.
Dari tahun 2005 sampai tahun 2008 Saya menetap di Osaka, mengikuti program magang yang bekerja sama dengan Indonesia dan jepang. -Dalam kurun waktu 3 tahun tersebut, tidak terhitung lagi berapa kali saya main ke USJ ini. Tiap hari libur, baik itu libur biasa maupun libur nasional-golden week, natsu yasumi, dan fuyu yasumi-, saya selalu menyempatkan diri untuk menikmati semua permainan yang ada disana.
Kenapa bisa begitu ya?
Apakah tiket masuknya murah?
Kalau bicara tiket masuk, memang agak mahal. Sebab, sekali masuk harus merogoh kocek sebesar 5800 yen, itu pada tahun 2008. Kalau anak-anak dibawah umur, setengah harga dari itu. Jadi bisa anda hitung, berapa rupiah tiket masuknya, (1 yen=100 rupiah). Mungkin kalau sekarang agak naiklah sedikit.
Kalau cuma liburan saja satu hari sampai seminggu bisalah pakai tiket yang begitu. Tapi kalau lama menetap, jangan sia-siakan uang kamu untuk membeli tiket terus-menerus. Ada caranya buat menghemat, yaitu dengan cara membuat kartu member PASS.
Kartu member ini ada dua macam, ada yang gold dan platinum. Bedanya yaitu harga dan situasi. Harga platinum lebih mahal dari gold, dikarenakan kartu platinum bisa juga dipakai buat hari biasa dan libur nasional, sedangkan gold, hanya bisa pada hari biasa, sabtu dan minggu saja.
Saya dulu memiliki kartu platinum. Jadi setiap hari libur besar saya menghabiskan waktu di sana. Yang menarik pada saat itu adalah antrian. Tergantung jenis pertualangan dan permainan apa, namun pastinya, antrian yang paling panjang pada saat itu adalah Studio Adventure Of Spiderman. Kalau mau dihitung pakai waktu untuk menunggu, bisa sampai 3 jam,!.
Mengapa sampai begitu?
Sebab Pertualangan yang diberikan pada studio Spiderman ini memang menarik, menyangkut Adrenalin dan keindahan visual. Ketika tiba saatnya, Pengunjung-hanya 6 orang-, akan dibawa langsung pakai mobil mini yang dipasang di rel. Layaknya wartawan peliput, pengunjung akan dibawa ke pertualangan Spiderman dalam menumpas musuhnya. Tak jarang mereka terpekik, ketika mobil seakan jatuh dari ketinggian. Saya juga begitu, terkadang merasakan hawa panas, ketika Oktopus membakar mobil kami. Semuanya itu tertuang dalam simulasi visual, tapi digabungkan juga dengan simulasi nyata tatkala mobil kami benar-benar bergerak maju dan turun-naik.
Selesai dari sana, jangan pergi jauh-jauh. Langsung segera mengantri ke Taman Jurasic Park. Yang ini lebih heboh, sebab ada disediakan perahu khusus. Muatan Pengunjung bisa lebih  dari 10 orang untuk naik atas ke perahu. Sangat menyenangkan, karena perahu akan berjalan seolah-olah berlayar di sungai amazon, walaupun itu adalah air biasa, yang dibawahnya ada rel tempat jalannya perahu.
Perjalanan cukup panjang. Berputar melihat boneka dinosaurus yang sangat besar dan bergerak-gerak. Terkadang dino tersebut menenggelamkan dirinya ke air, lalu timbul yang dimulutnya telah mengunyah ikan.
Namun harus hati-hati, bagi anda yang mengalami penyakit jantung, darah tinggi atau sejenisnya bisa-bisa langsung “koit”. Sebab, diakhir perjalanan anda akan dikejutkan oleh T-rex lagi nunjukin taringnya, setelah itu perahu akan terjun bebas dari ketinggian 300 meter dalam sudut 60 derajat. Bisa anda bayangkan situasi yang bikin basah kuyup dan spot jantung itu!.
Kalau mau main yang santai-santai saja ada kok, -selain jet coster dan permainan memacu adrenalin tadi tentunya-, yaitu menonton pertunjukan Shreek 4D. Disini anda aman, tanpa turunan tajam dan melompat dari ketinggian, tapi cukup duduk saja pakai kaca mata, sambil melihat layar.
Di studio ini biasanya kebanyakan anak-anak, bermuatan 100-200 orang, pengunjung akan difasilitasi tempat duduk yang nyaman, fleksibel dan nyata adanya. Atraktif,  kursi akan ikut bergerak jika pemain filmnya lagi menunggang kuda. Kita juga akan merasakan hujan rintik-rintik beneran, bila situasi film benar-benar hujan. Sangat mengasyikan, apalagi setelah selesai Film, akan ada visual salju yang turun dari atas gedung.
menarik sekali, Universal Studio Japan memang berasal dari AS. Oleh Produsen Universal Film, mereka membuat ini untuk menampilan jenis wahana pertualangan layaknya di film produksi mereka sendiri. saingan mereka hanyalah Disneyland yang berada di Tokyo, jauh sebelumnya, jepang hanya memiliki wahana permainan Seperti Jet Coster atau permainan sejenis lainnya. mereka mulai mengimpor jenis permainan gaya Amerika, setelah masyarakat jepang telah jenuh menikmati permainan sebelumnya. dan sambutan masyarakat untuk jenis permainan yang ini antusias sekali. itu terliat dari panjangnya antrian dan animo masyarakat jepang yang haus akan hiburan.
Di Indonesia saya rasa telah sedikit mencontohnya, yaitu dengan adanya Trans Studio yang berada di kota Makasar SUL-SEL. Arena pertualangannya hampir sama dengan Studio Universal, cuma masyarakat Indonesia saja yang belum bisa untuk menikmati sepenuhnya, dikarenakan jenis permainan yang seperti itu belum tertambat di hati mereka. jenis hiburan kita selama ini masih sebatas yang biasa saja, seperti Water bom, taman wisata, pegunungan dan wisata yang tidak mengeluarkan biaya yang besar.
tapi, bagi anda yang telah bosan dengan semua itu. bisa juga menikmati pertualangan jenis baru ini , yang sangat memacu adrenalin dan menghilangkan kepenatan atau rutinitas hidup anda.
selamat mencoba.
NB : Gambar tidak bisa di Upload karena Kompasiana sedang bermasalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar